Wednesday 6 May 2015

Cyber War Awal Perang Dunia Baru Akan Segera Dimulai.

Pengertian Ketahanan Nasional.
Ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Ancaman pada ketahanan nasional salah satunya adalah Cyber War, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cyber War, Seperti yang dikutip pada artikel berita berikut.


Badan telekomunikasi Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan bahwa perang dunia selanjutnya bisa berlangsung di dunia maya. Pernyataan tersebut diungkapkan Hamadoun Toure, Sekretaris Jenderal International Telecommunications Union (ITU), dalam pameran Telecom World 2009 di Jenewa, Swiss, 6 Oktober 2009.

Toure menyebutkan, seperti halnya perang yang terjadi di dunia nyata, perang di dunia maya juga bisa membawa bencana.

“Kehilangan jaringan vital akan dengan cepat melumpuhkan negara manapun, dan tidak ada yang kebal terhadap serangan cyber,” kata Toure. “Berbagai negara kini sangat bergantung pada teknologi untuk perdagangan, keuangan, layanan kesehatan, layanan darurat, dan distribusi makanan,” ucapnya.

Menurut Toure, cara terbaik untuk memenangkan perang adalah dengan menghindarinya sejak awal.

Seiring dengan makin meningkatnya keterkaitan internet dengan kehidupan sehari-hari, saat ini frekuensi serangan dan kejahatan cyber juga meningkat. Serangan semacam itu melibatkan penggunakan perangkat penipuan di internet (phishing) untuk mendapatkan password kemudian melakukan penipuan atau mengerahkan hacker untuk merusak jaringan internet. Sejumlah ahli mengatakan, masalah utama adalah infrastruktur web dan perangkat lunak saat ini memiliki kelemahan yang sama dengan yang infrastruktur dan perangkat yang diproduksi dua dekade lalu.

“Masalah sebenarnya adalah kita menggelontorkan produk piranti lunak ke pasaran yang sama rapuhnya dengan 20 tahun lalu,” kata Cristine Hoepers, General Manager, National Computer Emergency Response Team, Brasil, seperti dikutip dari laman Straits Times.
Hoepers menyarankan agar kalangan profesional dilatih agar bisa merancang produk dengan daya tahan lebih tinggi.

Analisa :
Mengapa Cyber War bisa mengancam ketahanan negara ?
Cyber War merupakan kejahatan dunia maya dimana kejahatan Cyber War ini bisa seperti Penyadapan informasi penting pada sebuah negara, penyadapan informasi ini bisa berupa virus dan target utama pada Cyber War ini adalah alat telekomunikasi.

Kenapa target utama nya alat Telekomunikasi ?
Karena alat telekomunikasi adalah alat penting yang sudah tidak bisa dilepaskan lagi dalam kehidupan manusia, dan banyak kalangan telah memiliki alat telekomunikasi contohnya telephone atau apapun. Dan mustahil bila para pejabat oenting negara tidak memiliki alat telekomunikasi.

Kejahatan Cyber War ini merupakan kejahatan yang paling berbahaya bila ada negara yang mencoba untuk menyadap informasi penting yang ada di-Indonesia entah dalam hal penting tentang perekonomi atau hal penting apapun yang ada diindonesia.
Ambil contoh bila ada negara lain yang mencoba untuk menyadap informasi tentang perekonomian yang ada di-indonesia maka akan memudahkan mereka untuk menghacurkan suatu kondisi perekonomian bangsa indonesia, dan bila hal itu terjadi maka negara indonesia akan menjadi hancur karena perekonomiannya telah dihancurkan oleh negara lain.
Cyber War akhir – akhir ini sudah menjadi kejahatan yang lazim, karena didalam dunia maya semua orang bebas untuk ekspresikan segala keinginan mereka, ekspresi niat jahat ataupun niat baik mereka. Seperti yang dialami oleh mantan Presiden RI, dimana telephone genggam miliknya telah disadap oleh negara lain. Seperti yang saya jelaskan bahwa kejahatan ini bisa melalui alat telekomunikasi ataupun virus, seperti virus flame yang baru baru ini muncul.
Berhati – hatilah mengikuti perkembangan teknologi, bila salah langkah maka anda akan terjerumus dan dibodohi dan diperbudak oleh teknologi.

Sumber :
Pengertian Ketahanan Nasional 
Berita Tentang Cyber War

0 komentar:

Post a Comment

Beri Masukan untuk blogger ini